Obat dan Terapi Kista, Mioma, Endometriosis, Benjolan Payudara dan Tumor Selain Operasi

Spondilosis Servikalis

Spondilosis servikalis merupakan suatu penyakit yang menyerang usia pertengahan dan usia lanjut, dimana diskus dan tulang belakang di leher mengalami kemunduran (degenerasi).


GEJALA

Spondilosis servikalis menyebabkan menyempitnya kanal spinalis (tempat lewatnya medula spinalis) di leher dan menekan medula spinalis atau akar saraf spinalis, sehingga menyebabkan kelainan fungsi.

Gejalanya bisa menggambarkan suatu penekanan medula spinalis maupun kerusakan akar sarafnya.

Jika terjadi penekanan medula spinalis, maka pertanda awalnya biasanya adalah perubahan pada cara berjalan.
Gerakan kaki menjadi kaku dan penderita berjalan dengan goyah.
Leher terasa nyeri, teutama jika akar sarafnya terkena.

Kelemahan dan penciutan otot pada salah satu atau kedua lengan bisa terjadi sebelum maupun sesudah timbulnya gejala penekanan medula spinalis.

DIAGNOSA
MRI bisa membantu menunjukkan lokasi penyempitan kanalis spinalis, beratnya penekanan dan penyebaran akar saraf yang terlibat.

PENGOBATAN
Kelainan fungsi pada medula spinalis akibat spondilosis servikalis bisa membaik tanpa pengobatan atau akan bertambah buruk.

Pada awalnya dianjurkan untuk menggunakan neck collar yang lembut, penarikan leher, obat anti peradangan, obat pereda nyeri yang ringan serta pengendur otot.

Jika keadaan semakin memburuk atau jika hasil pemeriksaan MRI menunjukkan penekanan yang berat, biasanya dilakukan pembedahan untuk mengurangi gejala.
Tetapi pembedahan tidak dapat mengembalikan perubahan yang telah terjadi karena beberapa saraf pada medula spinalis mengalami kerusakan yang menetap. (medicastore)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar