Obat dan Terapi Kista, Mioma, Endometriosis, Benjolan Payudara dan Tumor Selain Operasi

Mengenal Lebih Jauh Kutil Kelamin

Salah satu penyakit seks menular (PMS) adalah kutil kelamin. Banyak orang yang belum tahu apa itu kutil kelamin dan cara mengatasinya. Berikut pertanyaan yang sering diajukan untuk mengenal lebih jauh kutil kelamin.

Bagaimana bentuk dari kutil kelamin?

Kutil kelamin memiliki bentuk seperti kutil lain yang biasa tumbuh pada bagian tubuh. Kering, memiliki tekstur yang kasar, berwarna ungu atau merah muda. Kutil yang tidak ditangani di dengan benar bisa mekar dan berkembang. Masa inkubasinya (waktu yang dibutuhkan untuk perkembangan) bisa berkisar mingguan, bulanan dan bahkan tahunan. Orang bisa terkena virus penyebab kutil dan bisa juga menularkannya tanpa disadari.

- Bisakah kutil di yang ada tangan berpindah ke area kelamin?


Tidak, kutil pada tangan atau kaki tidak bisa menular ke kelamin. Human Papillomavirus (HPV) hanya menyerang bagian genital, anus dan mulut

- Apakah kutil kelamin bisa benar-benar hilang?

Kutil kelamin disebabkan oleh virus, yang tidak dapat benar-benar disembuhkan. Mereka hanya dapat dikurangi keberadaannya dan tetap berpotensi untuk muncul lagi.

-Apakah hubungan seks tanpa pengaman bisa jadi media penularan kutil kelamin?

Hubungan seksual tanpa pengaman sama sekali tidak direkomendasikan sampai kapanpun. Untuk diketahui bahwa ada bermacam-macam jenis virus HPV yang dapat menimbulkan kutil kelamin. Ini berarti meskipun pasangan Anda memiliki virus HPV, Anda mungkin memiliki virus jenis lainnya dan menularkannya pada pasangan Anda. Ini penting karena perkembangan virus HPV terkait dengan perubahan sel yang dapat menyebabkan terjadinya kanker rahim. Jadi usahakan untuk selalu menggunakan kondom saat melakukan aktivitas seksual.

HPV atau human papillomavirus dapat menular lewat genital, oral dan anal seks. Hampir tiap kasus kutil atau condyloma, bisa dikurangi dengan melakukan penanganan secara kontinyu. HPV tidak akan pernah bisa menyerang keseluruhan badan, maka penanganannya harus difokuskan pada pendekatan sistematik. Penanganan sebagai follow-upnya benar-benar penting, sama pentingnya dengan menghindari aktivitas seks selama proses penyembuhan belum selesai.
Condyloma adalah penyakit seksual menular yang paling umum dan sering terjadi pada usia sekolah. Masa inkubasinya (waktu yang dibutuhkan dalam perkembangan) bisa mingguan, bulanan bahkan tahunan. Seseorang bisa terjangkit virus ini dan bisa juga menularkan pada pasangannya lewat hubungan seksual. Kutil bisa berupa mikroskopis dan hanya bisa dideteksi melalui proses pemeriksaan dengan alat yang disebut colposcope. Wanita juga bisa mengetahui apakah mereka mempunyai HPV melalui tes pap smear.

- Bagaimana cara mengatasi kutil kelamin?

Untuk mengatasi kutil kelamin anda dapat menggunakan krim imiquimod yang bernama Aldara (diproduksi oleh 3M). Fungsinya yaitu untuk merawat kutil kelamin dan kutil anal yang ditimbulkan oleh Human Papillomavirus (HPV).

Imiquimod adalah kekebalan tubuh yang telah dimodifikasi, yang tidak hanya menyembuhkan kutil kelamin namun juga melindungi tubuh dari HPV.

Perawatan tradisional untuk kutil kelamin lebih difokuskan pada upaya untuk menghentikan perkembangannya dengan menggunakan sinar laser. Proses ini harus dilakukan di RS atau klinik kesehatan. Imiquimod krim dapat digunakan untuk perawatan dirumah. Pengobatan kutil harus dilakukan 3 kali seminggu menjelang tidur dan dilakukan terus selama 4 bulan. Penting sekali untuk mengetahui bahwa imiquimot tidak boleh digunakan pada tubuh bagian dalam (misalnya MissV atau anus), dan disarankan tidak melakukan aktivitas seks saat dioleskan. Jadi kalau Anda ingin mengoleskan krim ini, lakukan setelah berhubungan seks.

Dalam sebuah penelitian ditemukan fakta bahwa separo orang yang menggunakan krim ini, kutil kelaminnya hilang dalam tempo 4 bulan. Lalu ada beberapa orang yang menggunakan krim ini mengalami iritasi kulit (misalnya : kemerahan, gatal, terbakar),.

Imiquimod hanya bisa merawat, ia tak bisa menyembuhkan . Selain merawat kutil, imiquimod juga memberikan perlindungan infeksi. Inilah poin yang paling penting, pengobatan dan pencegahan. Bagi orang yang tidak mau terkena kutil kelamin, selalu gunakan pengaman atau pelindung saat melakukan aktivitas social. Dengan menggunakan kondom misalnya dapat menurunnkan resiko terkena penularan penyakit seksual (herpes ataupun kutil)

- Bolehkah penderita kutil kelamin mempunyai anak?

Seorang wanita yang memiliki HPV (human papillomavirus), virus yang menyebabkan kutil kelamin masih diperbolehkan untuk mempunyai anak. Ini karena kutil tersebut terletak diluar MissV dan rahim. Kutil Kelamin tidak berkaitan dengan kemampuan wanita untuk hamil.

Bagaimanapun juga selama masa kehamilan, kutil kelamin bisa membesar dikarenakan pertambahan estrogen. Kutil pada dinding MissV akan membuat MissV menjadi kurang fleksibel and elastis. Sehingga disarankan untuk tidak menghilangkan kutil pada fase ini karena ada kemungkinan menganggu kelahiran. Operasi Cesar dianjurkan bagi para wanita hamil yang mengidap kutil kelamin./ kapanlagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar